Sabtu, 21 November 2009

berkreasi selamatkan bumi.....

Teman-teman, kenapa Bumi perlu diselamatkan ya? Memangnya apa yang sedang terjadi pada Bumi saat ini? Saat ini, Bumi sedang mengalami pemanasan global atau sering disebut dengan global warming. Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata di atmosfer, lautan, serta benua-benua di Bumi. Hal ini terjadi disebabkan oleh semakin meningkatnya kadar gas metan dan karbon dioksida di atmosfer (yang berasal dari pembakaran hutan, minyak, dan bahan bakar fosil). Kedua gas tersebut menangkap lebih banyak panas dibandingkan gas jenis lain, namun tidak melepaskannya kembali. Akibatnya, Bumi menjadi semakin panas.


Pemanasan global menyebabkan es di kutub mencair. Es yang mencair itu kemudian membuat permukaan laut menjadi naik dan menutupi seluruh pesisir pantai. Jika dibiarkan terus-menerus, lama kelamaan daratan tempat manusia tinggal menjadi berkurang. Akibatnya manusia jadi kesulitan mencari lahan untuk menanam tumbuhan sebagai sumber makanan. Perubahan iklim yang cepat juga membuat tumbuh-tumbuhan dan hewan kesulitan untuk beradaptasi, bahkan dapat menyebabkan kematian untuk beberapa spesies tertentu. Waduh, seram juga ya?

Lantas, apakah pemanasan global dapat dicegah atau dikurangi? Tentu saja, asalkan manusia mau berusaha memperbaiki kerusakan yang telah terjadi di Bumi dan berusaha untuk mencegahnya supaya tidak terjadi lagi. Teman-teman juga bisa ikut berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global. Caranya mudah, kok.



Membawa Kantong Belanja Sendiri

Setiap kali teman-teman berbelanja biasanya akan diberi kantong plastik untuk wadah belanjaan. Nah, kantong-kantong plastik itu kemudian menumpuk dan akhirnya dibuang. Padahal tanah perlu waktu ratusan tahun untuk mengurai sampah plastik itu. Sekarang sudah saatnya kita membantu ‘tugas’ tanah dengan membawa kantong belanja sendiri. Apalagi sekarang banyak dijual kantong atau tas belanja yang lucu-lucu, jadi selain mengurangi sampah plastik juga bisa sekalian gaya, asyik kan.



Gunakan Listrik Seperlunya Saja

Apakah teman-teman sering membiarkan televisi menyala tanpa ditonton? Atau menyalakan lampu terus menerus saat siang hari? Kalau ya, berarti teman-teman harus segera menghentikan kebiasaan itu. Listrik yang selama ini kita gunakan berasal dari bahan bakar fosil, sedangkan pembakaran fosil merupakan salah satu sumber terbesar yang menyebabkan pemanasan global. Jadi mulai sekarang gunakan listrik seperlunya saja, ya.



Hijaukan Lingkungan di Sekitar Kita

Siapa sih yang tidak senang kalau lingkungan di sekitar kita terlihat hijau dengan bermacam-macam tumbuhan? Hmm, pastinya lingkungan akan terlihat asri dan sejuk. Tapi bukan itu saja, tumbuhan dapat menyerap gas karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga udara di sekitar kita menjadi lebih bersih dan segar. Selain itu, akar tanaman juga dapat menyerap air hujan. Jadi secara tidak langsung dengan menanam pohon kita juga bisa mencegah banjir. Mulailah menanam pohon dari sekarang, di rumah, di sekolah, atau lingkungan di sekitar tempat tinggal teman-teman. Teman-teman juga bisa ikut kegiatan penanaman hutan kembali yang biasanya diadakan oleh salah satu lembaga lingkungan hidup. Tapi yang lebih penting, jangan lupa merawat tanamanmu, ya. Caranya dengan rajin menyiram dan memberi pupuk secara teratur.



Sampah? Ayo Kita Daur Ulang!

Kalau teman-teman hendak membuang barang, coba dilihat lagi, siapa tahu barang tersebut masih bisa di daur ulang. Misalnya kertas bekas, kardus, atau kaleng bekas masih bisa diolah kembali. Untuk sampah basah seperti sisa makanan atau sayuran bisa diolah menjadi pupuk kompos. Sampah jenis lainnya, bisa digunakan untuk bahan kreasimu. Misalnya, botol bekas selai bisa digunakan sebagai wadah pensil dengan diberi beberapa hiasan. Selain kreativitas kita semakin terasah, kita juga telah membantu mengurangi timbunan sampah. Selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by manela save world wit WSCL 2009 | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks